Friday, July 23, 2010

Bocah Gaza Pecahkan Rekor Guinness


Di tengah tekanan, isolasi dan pengusiran oleh zionisme Israel, anak-anak Palestina di Gaza berhasil menunjukan eksistensinya dengan memecahkan rekor dunia via Guinness Book of World Records. Mereka sukses mendrible bola basket selama lima menit. Keberhasilan itu menjadi bagian dari kampanye PBB terhadap 250 ribu anak-anak Gaza. Acara pemecahan rekor berlangsung di bekas puing-puing Gaza International Airport.

Kampanye PBB yang didukung penuh pemerintahan Hamas bertujuan untuk memperkuat mental dan pikiran anak-anak Palestina dari ragam tekanan yang terjadi. Kondisi tersebut dinilai PBB berbahaya bila tidak ditangani mengingat 1,5 juta warga Palestina merupakan anak-anak di bawah umur 15 tahun. Karena itu, PBB melalu kampanye kamp musim panas mencoba memberikan harapan dengan berbagai permainan dan kegembiran. Sementara itu, pemerintahan Hamas juga memberikan semacam pelatihan tapi lebih bersifat militer.

Juru Bicara PBB, Chris Gunnes mengatakan lebih dari 200 pengamat melaporkan 7.203 anak berhasil mendrible bola dengan baik. Setelah target lima menit tercapai, kebanyakan dari anak-anak segera menyambut keberhasilan itu dengan suka cita. "Saya berharap suatu hari nanti bisa pergi ke seluruh dunia bersama tim basket nasional Paletina," harap salah seorang anak, Salma Hassan, 11 tahun, saat dimintai komentar.

Pihak Guinness sebagai fasilitator mengatakan pihaknya telah mendonasikan 60 bola dan menjual lebih dari 7.000 bola dengan harga 10 euro per bola kepada PBB. Rekor ini merupakan catatan kedua setelah anak-anak Gaza berhasil menerbangkan 3.000 layang-layang secara bersamaan. Rekor itu pekan depan akan tercatat di PBB.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin